1. Aspek Pasar dan Pemasaran
·
Pasar :
Usaha yang dijalankan oleh Peter bisa dibilang jenis usaha
yang sudah berkembang luas, karena dia sudah membuktikan dengan menjual
produknya tidak hanya di Indonesia tetapi diluar Negeri pun sudah beredar
produk yang dimilikinya.
·
Pemasaran :
Jika berbicara tentang pemasaran, Peter Firmansyah sudah
menggunakan banyak cara, mulai dari majalah-majalah fashion, via internet, dan
pameran-pameran fashion.
2. Aspek Teknik dan Teknologi
Peter mengembangkan usaha ini dengan penuh perjuangan, salah
satunya dengan memasarkan produknya dengan menggunakan teknik dan teknologi
modern, contohnya seperti menggunakan fasilitas internet, maupun sewaktu
membuat bahan jeans, t-shirt, aksesoris, semuanya sudah menggunakan mesin.
3. Aspek Keuangan
Tidak bisa dipungkiri usaha yang dijalankan Peter sangatlah
menjanjikan. Apalagi ditambah sudah makin banyak orang tahu tentang merk Peter
Says Denim itu. Dan pastinya omset yang dihasilkan Peter bisa mencapai 100 –
200 juta perbulan.
4. Aspek Institusional
Organisasi Manajerial
Dari segi organisasi Peter belum menggunakan sistem
organisasi apapun. Usaha ini dijalankannya sendirian, mungkin ada beberapa
karyawan yang dianggapnya layak untuk menjadi suatu jabatan tertentu. Tetapi
pada dasarnya usahanya itu sepenuhnya dipimpin oleh Peter Firmansyah.
5. Aspek Lingkungan
Mungkin apabila berbicara mengenai lingkungan, Peter sudah
membuka Office resmi diberbagai kota di Indonesia. Pada lingkungannya tersebut
kebanyakan tidak ada yang keberatan, terutama masyarakat sekitar. Peter sudah
melakukan beberapa perizinan untuk membuka Office resmi Peter Says Denim, jadi
tidak ada orang yang terganggu atas terbukanya Office tersebut.
6. Aspek Legalitas
Usaha yang dirintis oleh Peter tidak merugikan siapa pun,
apalagi Pemerintah. Dalam hal ini tidak ada sangkut paut dengan Pemerintah,
seperti tadi yang dikatakan pada aspek lingkungan. Peter sudah melakukan banyak
Perizinan untuk membuka suatu Office. Jadi sama sekali tidak ada hubungannya
dengan apapun yang mengenai hukum.
7. Aspek Sosial
Dengan berkembangnya usaha Peter Says Denim ini, Peter
melakukan beberapa cara untuk lebih mengembangkan usaha ini. Contohnya apabila
ada masyarakat yang belum bisa mendatangi Office resmi karena terlalu jauh dari
kota tempat tinggalnya. Peter bekerja sama dengan siapa pun perusahaan yang bekerja
di bidang fashion untuk menjadi reseller, jadi dengan cara ini masyarakat dapat
lebih mudah mendapatkan barang original tanpa harus datang ke Office resminya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar